Monday 8 March 2010

MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI

MODUL KULIAH 1
RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI
(KEWIRNOV)


A. LATAR BELAKANG

Beberapa bukti empiris telah menunjukkan, salah satunya adalah hasil penelitian dari David Mc Clelland bahwa kesejahteraan penduduk di suatu negara dipengaruhi oleh perkembangan ekonominya. Sementara itu perkembangan ekonomi ditentukan oleh sejauh mana penduduk negara tersebut mempunyai spirit kewirausahaan.
Spirit kewiarusahaan tidak harus dilakukan dengan cara berwirausaha tetapi dapat ditumbuhkan dalam organisasi yang disebut sebagai intrapreneurship. Realitas memang menunjukkan kerancuan istilah kewirausahaan yang selalu dikonotasikan dengan berwirausaha (entrepreneurial) atau wirausahawan (entrepreneur). Oleh karenanya, perlu diperjelas pengertian ke 3 istilah tersebut.
Nama-nama besar seperti Mooryati Soedibyo yang memproduksi komestik tradisional secara moderd, Tirto Utomo dengan penemuan air mineral, dan Bill Gates dengan Microsoft.
Nama-nama tersebut dikenal sebagai entrepreneur (pengusaha). Mengapa mereka menjadi pengusaha yang sukses? Jika kita amati di sekeliling kita, maka akan kita dapatkan para pengusaha yang berjalan di tempat, tidajk berkembang, dan kemungkinan akan mati. Mengapa ada entrepreneur yang sukses? Mengapa ada yang tidak sukses? Beberapa teori kewirausahaan akan dibahas dalam perkuliahan ini yaitu teori peluang dari ekonomi, teori kewirausahaan berdasarkan perspektif sosiologi, dan perspektif psikologis yang menentukan pengusaha sukses atau tidak.
Proses pembelajaran kewirausahaan di Perguruan Tinggi tidak semata-mata diarahkan untuk berwirausaha saja tetapi berwirausaha yang sesuai dengan bidang ilmunya (relevansi). Dengan demikian dalam prespektif ini, yang menjadi fokus dalam kewirausahaan ini adalah upaya menemukan peluang, melakukan kajian, dan mengimplementasi dalam pasar. Hal ini dikenal sebagai inovasi yaitu sebuah ide kreatif dan mengimplementasikannya, baik dalam bentuk produk, jasa,. atau proses bisnis yang lain.
Inovasi di Perguruan Tinggi adalah kreativitas dalam bidang ilmu yang telah diimplementasikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara sosial maupun ekomonis. Hal ini menjembatani antara hasil riset dengan peluang pasar. Artinya bagaimana temuan-temuan hasil riset, dapat dipasarkan, dan diterima masyarakat. Hal ini sangat relevan dengan visi UGM sebagai Universitas Riset.
Dengan pengertian ini menjadi sangat relavan ketika kewirausahaan dapat dilakukan baik di dalam organisasi maupun di luar organisasi, untuk dijadikan salah satu mata kuliah sebagai bekal mahasiswa ketika lulus. Khusus di Fakultas Psikologi salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa adalah jiwa kepemimpinan dan berwirausaha seperti yang tertuang dalam draft arah dan kebijakan fakultas Psikologi dan Renstra Fakultas Psikologi UGM.
B. IDENTITAS MATA KULIAH
1. Nama mata kuliah : Kewirausahaan dan Inovasi
2. Kode/ SKS : PSO 1215/ 2 SKS
3. Semester : I dan II
4. Tujuan pembelajaran :
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk:
a. memahami konsep kewirausahaan dan inovasi
b. menumbuhkan sikap positif dalam berwirausaha
c. mempraktekkan salah satu kegiatan dalam berwiusaha di bidang Psikologi
5. Outcome pembelajaran
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:
a. menerapkan prinsip-prinsip dasar kewirausahaan (intrapreneurship), yang dalam diterapkan
baik dalam kegiatan akademik maupun non-akademik (kemahasiswaan).
b. Setelah menyelesaikan seluruh kegiatan perkuliahan, mahasiswa diharapkan tumbuh niat
untuk berwirausaha sebagai pengembangan karir
C. KEGIATAN PERKULIAHAN TIAP MINGGU
Kegiatan tatap muka terjadwal akan dilakukan sesuai dengan jadwal kuliah yang telah ditentukan oleh Fakultas Psikologi UGM. Adapun rancangan topik pembelajaran dalam per minggu lihat dalam matriks RPKPS (hyperlinks)

Tugas mandiri untuk mahasiswa.
Mahasiswa secara kelompok (catatan: jumlah anggota kelompok disesuaikan dengan jumlah peserta tetapi kurang lebih 2-3 mahaisswa) mencari artikel wirausahawan yang bergerak dalam bidang layanan jasa Psikologi antara lain konsultan. Mahasiswa membuat laporan kasus, mempresentasikan, dan diskusi.
Konsultasi/ asistensi
Konsultasi/ asistensi secara individu dapat dilakukan melalui chating-online. Mahasiswa secara individu dapat melakukan chating-online mengenai tugas ataukah topik khusus yang telah disiapkan oleh asisten. Kegiatan chating online akan dilakukan terjadwal selama 90 menit dalam satu minggu selama 6 kali pertemuan.
Selain itu, mahasiswa masih diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi bukan hanya dengan teman sekelas tetapi akan dibuat kerjasama dengan dosen pengampu matakuliah Kewirausahaan dari Fakultas lain. Forum diskusi ini diberikan nama Enterpreneurship elearning club dan juga memberikan pelatihan ketrampilan TI bagi mahasiswa yang belum mampu.
D. Penilaian
Komponen penilaian
a. Ujian Utama 25%
b. Ujian Mid 20%
c. Kuis 10%
d. Tugas Mandiri 15%. Mencari profil sukses konsultan di bidang Psikologi: Indikatornya;
Browsing disertai alamat, tanggal download, author, content, presentasi.
e. Project Based : Kuliah Plus. Perencanaan dan Implementasi talkshow. 15%
f. Konsultasi 15% melalui email atau forum ENTERPRENEURSHIP E-LEARNING atau
chating-online
• Terjadwal (6x)
• Tidak terjadwal dapat konsultasi/ asistensi secara online dan aktivitas di forum
entrepreneurship e-learning

E. Bahan, Sumber Informasi, dan referensi
Hisrich, R. D dkk. 205. Enterpreneurship. Edisi ke6. New York: Mc Graw Hill.
Shane, S. 2003. A General Theory of Entrepreneurship. New York: Mc Graw Hill.
Hussey, D.E (eds). The Innovation Challenge. New York: Joh Willey & Sons
www.elisa.ugm.ac.id /Psikologi/Kewirausahaan dan Inovasi
www.avin.staff.ugm.ac.id



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories